My Best Of Haru


Image

MY BEST OF HARU

 

Annyeong…….

Pertama aku mau mengucapkan “Selamat Ulang Tahun untuk Penerbit Haru yang ke-3”.

Berbicara mengenai novel, entah kenapa aku juga bingung setiap ke rumah buku aku selalu lari ke rak buku yang isinya penerbit haru. Hahahaha sepertinya udah reflek diri.

 

Image

Aku mulai kenal Haru pada 1 Oktober 2012 dan novel haru pertamaku adalah “So, I Merried the Anti-Fans”. Telat yah? Tapi bukan masalahkan .

Dari jumlah 16 novel Haru yang aku punya sampai sekarang, ada 3 “Best of Haru” menurut aku yaitu :

  1. Seoulmate series ( Seoulmate & Seoulmate is You) karya Lia Indra Andriana.
  2. Oppa & I series (Oppa & I, Oppa & I Love Mission dan Oppa&I Love Signs) karya Orizuka & Lia Indra Andriana.
  3. Explicit Love Story karya Lee Sae In.

Sebenarnya hampir semua buku terbitan Haru aku suka, mungkin karena aku suka Korea & Jepang. Buku terbitan Haru jadi pilihan terbaik.

Aku mau jelasin ke kalian semua alasan “3 Best of Haru versi aku”.

 Image

1.    Seoulmate series ( Seoulmate & Seoulmate is You) karya Lia Indra Andriana

 

Seoulmate adalah novel Haru kedua yang aku beli. Novel karya Lia Indra Andriana eonni yang pertama kali aku baca. Entah kenapa setelah baca novel itu membuat aku jatuh cinta. Jatuh cinta dengan gaya penulisan Lia eonni, jatuh cinta sama Haru dan jatuh cinta dengan Jang.

Loh….?

Cerita cinta berbalut misteri dan konflik yang seru khas Lia eonni membuat orang yang membacanya ketagihan dan terus ketagihan. Seoulmate memberikan sosok Jang atau Shin Ji Woo sebagai pusat magnet penarik. Tetapi Kim Sun juga sangat luar biasa, gadis kuat yang awalnya memiliki kemampuan melihat hantu dan masuk ke sebuah organisasi penyalur hantu bernama Seoulmate dan bekerja disana. Tetapi justru terperangkap dalam dan jatuh cinta dengan Soul-nya sendiri Shin Ji Woo atau ia biasa memanggilnya Jang .

Cerita ini benar-benar dibungkus dengan apik, dan sangat tidak membosankan justru malah membuat ketagihan.

Di seri selanjutnya Seoulmate is You konflik menjadi sedikit lebih berat, mungkin karena disini lebih dijelaskan dan difokuskan mengenai hubungan Sun dan Ji Woo selanjutnya juga kehadiran Soul baru untuk Sun yaitu Arang. Juga konflik mengenai sebuah organisasi bernama Memory Maker yang berusaha menghancurkan kehidupan manusia dan hantu. Pada seri ini banyak hal yang mengharukan juga titik klimaks hubungan Sun dan Ji Woo.

Seoulmate itu benar-benar novel paket lengkap menurut aku.

 

“Manis, asam dan pahit”

 

Manis karena memiliki akhir yang indah.

Asam karena ia harus melewati banyak hal itu buah kemanisannya.

Pahit karena harus menelan kenyataan bahwa kebenaran yang ia pilih sangat beresiko.

 

Image

2. Oppa & I series (Oppa & I, Oppa & I Love Mission dan Oppa&I Love Signs) karya Orizuka & Lia Indra Andriana.

 

Kembali dengan karya dua author favorit aku.

Yupz…..

Oppa & I series adalah Best of Haru kedua versi aku.

 

Kenapa?

 

Karena novel rate remaja yang berbalut kisah cinta SMA dan konflik keluarga yang benar-benar dikemas dengan sangat baik oleh Orizuka eonni dan Lia eonni. Novel ini benar-benar terasa real, karena kisahnya cenderung masuk akal dan seolah mudah terjadi oleh kita semua sebagai pembacanya.

 

Pada seri pertama “Oppa & I” kekuatannya adalah pertemuan 2 orang kembar yang dulu dipisahkan jarak kini akhirnya bersatu. Disini titik kekuatannya novel ini, rasa kesepian Jae In seolah mampu kita rasakan namun kehangatan setelahnya yang ia dapatkan mampu memberikan nafas lega bagi pembaca.

 

Pada seri kedua “Oppa & I Love mission” konflik menjadi lebih berat, masalah keluarga yang melilit kehidupan si kembar membuat aku sebagai pembaca deg-degan dan ikut merasakan perihnya. Perihnya ketika harus melihat sang ibu menangis dan pedih ketika melihat semua orang bersikap baik-baik saja walau kenyataannya justru sebaliknya. Pada seri kedua ini ketajaman konflik menjadi semakin luar biasa dan membuat ketagihan dan ingin mengetahui akhir kisah si kembar “Park”.

 

Pada seri ketiga “Oppa & I Love Signs” disini lebih menekankan kisah cinta si kembar dengan pasangan mereka dan kepercayaan satu sama lain.

 

Banyak sekali hal yang bisa diambil dari kisah si kembar dalam novel ini.

 

Bahwa saling percaya, jujur dan saling mendukung satu sama lain adalah kunci cinta dan kebahagiaan.

 

Dalam novel Oppa & I series ini ada quote yang sangat aku sukai.

 

“Saranghae” adalah sebuah mantra yang membuat semua orang bahagia.

 

Image

3. Explicit Love Story karya Lee Sae In.

 

Yehet…..

Novel ketiga yang masuk Best of Haru versi aku adalah novel terjemahan karya Lee Sae In ini. Novel dengan rate dewasa ini benar-benar membuat aku sebagai pembaca takjub.

 

Kenapa takjub?

 

Novel dewasa ini benar-benar dikemas dengan sangat-sangat apik, lagi-lagi aku harus mengacungkan jempol buat Haru yang dengan hebatnya memilih dan menerjemahkan juga mempublikasikannya di Indonesia.

 

Banyak bahasa dewasa yang biasanya terdengar tabu namun disini dibahas dengan sangat sopan dan rapi. Gaya penulisan Lee Sae In’ssi yang luar biasa sesuai dengan levelnya yang luar biasa.

 

Penggambaran yang gamblang tentang sosok Lee Seon membuat aku sebagai pembaca mudah membayangkan dan mengerti. Sosok Gyu Jin yang khas namja Korea membuat aku sebagai pembaca gigit jari dan ehmmmm….. terpesona. Sosok yang mungkin orang mengecapnya sebagai playboy tetapi nyatanya ia adalah seorang manusia berhati malaikat yang sayangnya sayapnya itu harus ditutupi oleh kebohongan yang menyakitkan.

 

10 jempol untuk Explicit Love story.

Akh…. itu kira-kira alasan dari 3 novel Best of Haru versi aku.

 

Mari beralih ke  saran dan kritik untuk Penerbit Haru.

 

Kritik   & Saran          :

Berbicara mengenai kritik aku sedikit bingung, ah… ya masalah genre. Genre yang sering Haru angkat adalah kisah seputar cinta dan keluarga, tapi banyaknya “Romance”. Rasanya akan seru jika menambah genre baru, misalnya berbau sejarah ataupun pengetahuan(Sci.Fi). Tanpa menghilangkan genre romance juga, karena menurut aku romance Haru itu memiliki ke khasan tersendiri yang sayang untuk dihilangkan. Satu lagi yang menurut aku sedikit diperbaiki, di design cover. Design cover Haru sudah bagus namun terkadang kualitas kertas pada covernya itu yang sedikit mengecewakan menurut aku. Sejauh novel Haru yang aku punya, cover terbaik menurut aku ada di novel “Close To You” entahlah unik dan berbeda design kertasnya. Terkadang hal itu bisa menarik bagi pembaca. Walau tidak semua orang memikirkan hal itu, tetapi aku termasuk orang yang cukup memperhatikan hal itu karena sangat berimbas ke belakangnya.

 

Tambahan saran untuk Haru, acara seperti fans meeting novelis jangan hanya di Jakarta. Aduh aku mahasiswi di Bandung jadi agak menyedihkan kalau pengen hadir. Hahahahaha…..

 

 

Yang terakhir harapan untuk Haru :

 

Aku berharap kedepannya akan banyak genre novel baru namun tetap mempertahankan ke-khasan kisah-kisah Haru juga semoga segi design cover dan kualitasnya pun semakin baik dan unik. Tidak hanya itu semoga kedepannya Haru bisa memberikan kejutan-kejutan hadiah di dalam novel mungkin yang menjadi kado untuk setiap pembacanya.

 

Terus maju dan tumbuh semakin besar…..

Sekali lagi Selamat Ulang Tahun yang ke-3.

 

 

Annyeong…… 🙂

 

2 thoughts on “My Best Of Haru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s